Belajar Bagaimana Efisien Mengelola Waktu

Jika Kamu ingin membuat perubahan nyata dalam hidup Kamu, Kamu harus terlebih dahulu mulai dengan belajar bagaimana efisien mengelola waktu Kamu. Siapapun yang tahu bagaimana mengelola waktu juga akan tahu bagaimana mengelola kehidupan. Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, hanya kemudian dapat manajemen yang tepat untuk hidup Kamu diciptakan. Kualitas hidup Kamu tergantung pada manajemen cerdas dari waktu Kamu dan bukan dengan jumlah energi yang Kamu konsumsi dalam apa yang Kamu lakukan.
  • Apakah Kamu selalu merasa kehabisan waktu dan Kamu tidak dapat melakukan apa yang dijadwalkan?
  • Apakah Kamu selalu merasa bahwa Kamu tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri?
  • Apakah Kamu merasa bahwa Kamu tinggal dan bekerja di lingkungan yang menegangkan tanpa hasil yang positif?

Jika jawaban untuk salah satu pertanyaan di atas adalah ya, maka sudah waktunya untuk mengubah hidup Kamu dan mulai menghabiskan waktu Kamu dengan bijaksana dan efisien. Kamu harus berjanji pada diri sendiri bahwa Kamu akan lebih terorganisir dan terfokus pada tujuan Kamu dan bahwa Kamu akan menggunakan waktu untuk kebaikan Kamu sendiri.

1. Kuasai daftar hal yang harus
Kamu lakukan (to-do list)

Daftar yang harus dilakukan dengan baik dan efisien harus menyertakan tugas dan kegiatan Kamu saat ini dan tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item pada daftar, Kamu harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang Kamu butuhkan untuk menyelesaikan. Tugas berulang dapat direncanakan untuk hari tertentu di mana Kamu memiliki waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.

Kamu tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan tugas Kamu. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan
Kamu kontrol yang besar atas waktu Kamu. Kamu harus menyadari apa yang paling penting bagi Kamu dan menempatkannya di urutan teratas dalam daftar Kamu.

2. Buat SMART Plan (khusus-diukur-dapat dicapai-wajar-Timeline)

Rencanakan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu sehingga
Kamu akan lebih rileks menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan. Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa), sementara tugas yang lebih mekanis atau rutin sekitar pertengahan minggu, dan dekat dengan akhir minggu (Kamis dan Jumat) ketika Kamu dapat menjadi sedikit lebih bebas dan santai karena pada kedua hari ini telah akumulasi kelelahan dan stres sebagai hasil dari pekerjaan di hari sebelumnya.

3. Belajarlah untuk mengatur prioritas
KamuKamu harus belajar bagaimana efisien mengelola prioritas Kamu. Tugas yang paling penting harus peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan Prinsip Pareto dimana 80% dari pencapaian Kamu dihasilkan dengan melakukan 20% dari usaha Kamu. Cobalah untuk bekerja dengan cerdas dan sederhana. Jangan pernah abaikan tugas penting Kamu untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.

4. kunci untuk manajemen waktu yang sukses adalah delegasi

Kunci untuk manajemen waktu yang sukses adalah delegasi. Jangan mencoba menyelesaikan semua tugas saja. Kenali tugas mana yang dapat diselesaikan oleh orang lain dan mendelegasikan pekerjaan kepada mereka. Ini adalah satu-satunya cara
Kamu dapat memiliki waktu yang dibutuhkan untuk menangani tugas yang sangat penting bagi Kamu. Pada saat yang sama, apa yang Kamu pilih untuk lakukan, melakukannya dengan benar pertama kalinya untuk menghemat waktu karena melakukan pekerjaan berulang. Pengalaman menunjukkan bahwa waktu yang Kamu butuhkan untuk mengulangi pekerjaan Kamu akan lebih dihabiskan daripada waktu yang Kamu butuhkan untuk melakukan pekerjaan yang tepat dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat memberikan banyak manfaat bagi orang yang harus melakukan banyak kegiatan. 5. Jangan takut untuk mengatakan ' tidak 'Kamu harus belajar untuk mengatakan tidak sesekali dan menolak tugas yang tidak dapat Kamu lakukan. Jika Kamu kehabisan waktu dan merasa tertekan, maka lebih baik untuk menolak undangan untuk pergi makan siang atau makan malam keluarga. Kamu harus menyadari bahwa Kamu tidak berkewajiban untuk mempersingkat semuanya dalam sekejap. Kamu harus belajar memilih tugas yang ingin Kamu lakukan atau yang perlu diselesaikan.

5. berbagi tugas yang panjang dalam kegiatan yang lebih kecil

Teknik lain yang akan membantu
Kamu dalam manajemen waktu adalah untuk memecah tugas panjang yang biasanya tidak ingin Kamu lakukan atau terlalu sulit untuk menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Ini akan mengatur kedua stres dan waktu Kamu. Misalnya, Kamu dapat menghabiskan 10 menit setiap hari bekerja pada tugas yang tidak menyenangkan atau panjang. Menggunakan pendekatan ini, Kamu akan secara bertahap memiliki beberapa kemajuan, Kamu akan merasa lebih baik dan pada akhirnya Kamu akan dapat menyelesaikan kegiatan dengan cepat daripada terus-menerus menunda mereka.

Click to comment